PENGGUNAAN VIDEO ISYARAT ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH SISWA TUNARUNGU
Keywords:
Media Video, Isyarat Arab, TunarunguAbstract
Menjadi pribadi yang bertaqwa adalah salah satu tujuan pendidikan Islam yang perlu ditanamkan sejak dini, salah satunya dengan mengenalkan kitab suci Al-Quran kepada anak-anak. Pengenalan huruf hijaiyah tersebut dirasa sangat penting karena mengenal dan mengetahui huruf hijiyah itu merupakan modalitas utama yang harus dimiliki seseorang untuk mendapatkan kemampuan membaca Alquran termasuk bagi anak tunarungu yang memiliki hambatan pendengaran. Secara tidak langsung anak tunarungu dituntut untuk memiliki kemampuan mengenal huruf hijaiyah apalagi anak tunarungu tersebut seorang muslim yang diwajibkannya untuk membaca Alquran, media yang digunakan adalah media berbasis multimedia yaitu media Video Bahasa Isyarat Arab yang dikemas secara menarik sesuai dengan kebutuhan anak, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan. Subjek yang menjadi sasaran peneliti dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas II SDLB-B di SLB-BC Mulya Bakti Kabupaten Bandung Barat. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan media Video Bahasa Isyarat Arab dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada siswa tunarungu.
Hasil penelitian ditemukan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah peserta didik tunarungu, disini terlihat pada kegiatan peroses pada 3 siklus tindakan. adanya peningkatan kemampuan subjek penelitian, Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di sarankan kepada sekolah dan guru, yaitu Penggunaan Media Video Bahasa Isyarat Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Siswa Tunarungu Kelas II SLB-BC Mulya Bakti Bandung Barat