UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Keywords:
Hasil Belajar, roblem Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar peserta didik kelas IX SMPN 32 Solok Selatan khususnya pada materi Akikah dan Kurban selama setahun terakhir. Penelitian ini bertujuan melihat dan menganalisis peningkatan hasil belajar setelah dilakukan tindakan perbaikan pada model pembelajaran. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus. Tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan dengan penggunaan model problem based learning (PBL) yaitu pembelajaran berbasis masalah. Rumusan masalah dalam penlitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa materi akikah dan kurban melalui penerapan model problem based learning di SMPN 32 Solok Selatan?. Hasil temuan penelitian yang diperoleh adalah: Pada siklus I aktivitas siswa dan kinerja guru belum mencapai target yang diharapkan, yaitu sebesar 75 % dan 77,77%. Sedangkan, hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan belum mencapai target diharapkan, yaitu 63,33 % dan 53,33 %. Pada siklus II aktivitas siswa dan kinerja guru mengalami peningkatan, sebesar 78,84 % dan 81,41 %. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I, yaitu 76,77 % dan 76 %. Pada siklus III, aktivitas siswa dan kinerja guru mengalami peningkatan signifikan secara berturut-turut, yaitu 85,57 % dan 96,29%. Sedangkan, hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan juga mengalami peningkatan secara signifikan, yaitu dengan rata-rata 90 % dan 86,67 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar PAI bagi peserta didik kelas IX pada materi Akikah dan Kurban di SMPN 32 Solok Selatan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning