PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE ”EVERYONE IS A TEACHER HERE” DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI
Keywords:
Cooperatif Learning, Everyone Is A TeacherAbstract
Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan di kelas VIII.1 SMP Negeri 35 Padang yaitu rendahnya aktivitas siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dikarenakan malas, kurang bersemangat serta kurangnya minat siswa dalam memahami pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kondisi tersebut membuat aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak terbangun dan menghasilkan kemampuan seadanya. Selain itu berdasarkan pengamatan juga diperoleh fakta bahwa nilai siswa dan kemampuannya memahami Pendidikan Agama Islam sangat minim sekali. Diharapkan pembelajaran melalui model Cooperatif Learning Tipe ”Everyone Is A Teacher Here akan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peneraparan strategi pembelajaran Cooperatif Learning Tipe ”Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 35 Padang Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 35 Padang Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 sejumlah 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengambilan data ada 3 metode yaitu dokumentasi, tes, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui strategi pembelajaran Cooperatif Learning Tipe ”Everyone Is A Teacher Here. Hal ini terbukti adanya peningkatan setahap demi setahap dari berbagai aktivitas yang dilakukan siswa ke arah yang lebih baik. Peningkatan itu dapat terlihat mulai kondisi awal (pra sikulus) sebesar 46% secara keseleruhan keaktivan siswa. Selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 73% siswa aktif. Adapun pada siklus II, terjadi lagi peningkatan yang signifikan sehingga memperoleh capaian 93% aktif secara klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Inggris melalui strategi pembelajaran Cooperatif Learning Tipe ”Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.1 SMP Negeri 35 Padang Semester Genap Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci: Cooperatif Learning. Everyone Is A Teacher Here