IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN MELALUI PROGRAM PLUS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kasus pelanggaran akhlak di kalangan siswa umumnya, seperti narkoba, tawuran, pornografi dan lainnya. Melihat hal tersebut tampak jelas pentingnya membangun karakter siswa. Salah satu sekolah yang sangat peduli terhadap pembentukan karakter siswa adalah SMP Adabiah Padang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Implementasi Kegiatan Keagamaan Melalui Program Plus dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Adabiah Padang?”.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Melalui penelitian ini ditemukan: (1) Bentuk kegiatan keagamaan Program Plus di SMP Adabiah Padang adalah: shalat zuhur berjamaah, berdoa sebelum/sesudah belajar, forum annisa, muhadaroh, pidato, bahasa Arab, bahasa Inggris, syarhil Qur`an, tahfiz, mujawwad, tuntas baca Al-Qur`an, khat, praktek ibadah dan silat. (2) Pelaksanaan Program Plus dalam membentuk 18 nilai karakter sudah dilakukan dengan metode pembiasaan, keteladanan dan pengawasan. (3) Evaluasi Program Plus dilakukan secara reguler setiap tengah semester dan akhir semester. (4) Faktor pendukung Program Plus di antaranya : Dukungan dari yayasan sekolah. Sarana dan prasarana. Kualifikasi guru. Lingkungan sekolah serta metode pembelajaran. Adapun faktor penghambat di antaranya adalah : kurangnya perhatian orang tua terhadap ibadah siswa di rumah, dan padatnya kegiatan belajar di pagi hari sehingga siswa merasa kelelahan mengikuti kegiatan plus.
Kata Kunci : Kegiatan Keagamaan, Program Plus, Pembentukan Karakter