PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN METODE TATAS
Keywords:
siswa, model, tatas, belajarAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Tatas dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N 4 Tanjung Raya.
Penggunaan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI khusunya kelas VII. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai sebelum diterapkan model pembelajaran Tatas adalah 46 siswa yang mendapat nilai diatas 70 (KKM ) adalah 33%. Dari hasil siklus I rata-rata nilai memperoleh 69 , banyaknya siswa yang memperoleh nilai diatas 70 adalah 67% hasil obserfasi aktifitas siswa adalah 70 ( cukup ) dan hasil obserfasi aktifitas guru 64,9% ( cukup ). Setelah siklus II diperoleh nilai 86, siswa yang mendapat 70 adalah 87% hasil obserfasi aktifitas siswa adalah 90 ( baik )