UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SHALAT BERJAMAAH DENGAN METODE PBL PADA SISWA KELAS VII SMP SATU ATAP NEGERI 1 KOTAWARINGIN LAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Materi Shalat Berjamaah , Project Based LearningAbstract
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam Materi Shalat
BerjamaahDengan Menggunakan Metode Project Based Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Satu
Atap Negeri 1 Kotawaringin Lama Tahun Pelajaran 2019/2020”. Penelitian ini adalah jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak 3(tiga) siklus. Subyek penelitian
adalah Kelas VII SMP Satu Atap Negeri 1 Kotawaringin Lamadengan jumlah 32 siswa. Teknik
pengumpulan data dengan metode angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan metode Project Based Learning.
Pencapaian tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata- rata yang didapatkan siswa; Pra
Siklus 31,25% dengan jumlah ketuntasan 10 siswa, Siklus I 72,81 dengan jumlah ketuntasan
18 siswa, Siklus II 77,66 dengan ketuntasan 27 siswa, dan Siklus III 81,09 dengan jumlah
ketuntasan 32 siswa. Dengan demikian persentase ketuntasan Pra Siklus 31,25%, Siklus I 56,25%,
Siklus II 84,38, dan Siklus III 100%. Berdasarkan analisa diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapkan metode Project Based Learning efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan
metode tersebut sudah baik, sehingga berdampak positif dalam peningkatan prestasi belajar siswa
dalam pelajaran PAI materi shalat berjamaah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MUTHOLA'AH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.