PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARANAPAI DI KELAS IX-B SMPN 2 KUMAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
hasil belajar, discovery, hari akhirAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar peserta
didik, rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar, dan meteode pembelajaran yang kurang
tapat. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta didikyang mendapatkan nilai di bawah KKM. Karena
itu perlu upaya untuk menemukan model pembelajaran tertentu yang mampu meningkatkan
semangat dalam belajar dan mengerjakan soal soal evaluasi. Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan dalam 2 siklus yang masing – masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada prakondisi peserta didik mengerjakan soal evaluasi
dengan hasil belajar 37,14% tuntas dan 62,86% tidak tuntas dengan nilai rata- rata 65,37%.
Selanjutnya dilakukan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning
dengan hasil yaitu 60,00% tuntas dan 40,00% tidak tuntas tetapi nilairata – rata sudah meningkat
yaitu 73,31. Pada siklus I belum mencapaiketuntasan belajar klasikal sehingga dilaksanakan siklus
II dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran diperoleh peningkatan
hasil belajar peserta didik yaitu 88,57% tuntas dan 11,43 % belum tuntasdengan nilai rata rata
83,31. Maka pada siklus II sudah mencapai KKM (75) dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan
belajar klasikal > 85%. Penelitian inimembuktikan bahwa Penggunaan model Discovery Learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Beriman Kepada Hari Akhir di kelas
IX-B SMP Negeri 2 Kumai Semester Ganjil Tahun pelajaran 2021/2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MUTHOLA'AH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.