UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MEMBACA AL QUR’AN MELALUI METODE DRILL DI SMP NEGERI 5 ARUT SELATAN KOTAWARINGIN BARAT
Keywords:
hasil belajar, metode drillAbstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswwa dalam membaca AlQur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode drill dapat
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Negeri 5 Arut Selatan. Sebagai subjek
dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Arut Selatan dengan jumlah
siswa 31 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penerapan Metode Drill pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kemudian tahapan-tahapan yang dilalui
dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan
tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan
rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Metode Drill dapat meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qu’ran siswa. Sebelum tindakan memperoleh nilai persentase 41,93%
pada kategori tidak baik. Siklus I memperoleh nilai persentase 64,52% dengan kategori cukup
baik. Siklus II memperoleh nilai persentase 87,09% dengan kategori baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MUTHOLA'AH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.