PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HIDUP TENANG DENGAN KEJUJURAN AMANAH DAN ISTIQAMAH MENGGUNAKAN PROYEK BASIC LEARNING (PBL) PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 10 ARUT SELATAN

Authors

  • Muhammad Urip SMP NEGERI 10 ARUT SELATAN

Keywords:

hasil belajar, proyek basic learning

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil ulangan harian yang dilakukan di Kelas VII SMP Negeri 10 Arut
Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, diperoleh informasi bahwa hasil belajar Materi Hidup
Tenang dengan Kejujuran Amanah dan Istiqamah peserta didik rendah di bawah standar
ketuntasan Minimal. Dalam penelitian ini tujuannya adalah dalam rangka meningkatkan hasil
belajar Materi Hidup Tenang dengan Kejujuran Amanah dan Istiqamah menggunakan Proyek
Basic Learning (PBL) peserta didik Kelas VII SMP Negeri 10 Arut Selatan. Penelitian ini termasuk
dalam penelitian kuantitatif. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik prosentasi
dan uji tes Adapun hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar materi hidup tenang
dengan kejujuran, amanah dan istiqomah sangat rendah, yaitu 6 peserta didik dengan prosentase
55,56% yang mengalami ketuntasan. Sedangkan untuk prestasi belajar peserta didik ditemukan
bahwa ditemukan 3 peserta didik yang masih dibawah ketuntasan mimimal ada 44,44 %, setelah
diterapkan model pembelajaran proyek basic learning mengalami peningkatan yaitu 8 peserta
didik dengan prosentase 88.88%. dan yangb belum tuntas hanya 1 peserta didik dengan prosentase
11,12% itu berarti penggunaan metode pyroyek basic lerning memiliki manfaat sangat bagus
dalam meningkatkan pembelajaran tersebut.. Dengan demikian berarti bahwa hipotesa yang dibuat
peneliti bias diterima. Hipotesa “peningkatan hasil belajar materi hidup tenang dengan kejujuran,
amanah dan istiqomah pada peserta didik.”

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

Articles