PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII MTS AN NUR PALANGKA RAYA
Keywords:
problem based learning, pelajaran akidah akhlakAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas VIII Di MTs An Nur Palangka
Raya, (2) Tes hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di MTs An Nur Palangka Raya, dan (3)
Tes kemampuan afektif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII dengan menerapkan
model pembelajaran Problem Based Learning di MTs An Nur Palangka Raya. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah
Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan
pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar (THB) kognitif siswa, dan angket kemampuan afektif
siswa. Instrumen THB yang digunakan berjumlah 25 butir soal pilihan ganda dengan 4 option yang
telah melalui uji coba dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya
beda. Hasil penelitian diperoleh: (1) Penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning pada materi menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri pokok
bahasan ananiah dan putus asa dapat terlaksana dan menunjukkan hasil yang baik, karena
memperoleh skor rata-rata 3,31 dengan persentase 82,75%, sedangkan pada penerapan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional menunjukkan hasil yang baik,
karena memperoleh skor rata-rata 2,97 dengan persentase 74,2% (2) Nilai rata-rata hasil belajar
siswa di kelas eksperimen dengan model problem based learning memiliki nilai rata-rata 77,48
sementara siswa yang belajar di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional memiliki nilai
rata-rata 68,54. Analisis hipotesis menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di lihat dari hasil posttest, gain, dan N-gain pada materi
menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri pokok bahasan ananiah dan putus asa dengan
pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (3)
Berdasarkan angket kemampuan afektif siswa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran
Problem Based Learning diperoleh skor rata-rata 84,24% dengan kategori baik. Sedangkan pada
kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional diperoleh skor rata-rata 78,73% dengan kategori
baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MUTHOLA'AH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.