PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN HARAM SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KOTAWARINGIN LAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Model TGT, Hasil Belajar, PAIAbstract
Abstrak. Efektivitas suatu model terlihat dari indikasi meningkatnya hasil pembelajaran. Tinggi
atau rendahnya hasil belajar siswa memiliki pengaruh terhadap tercapaianya tujuan pembelajaran
yang telah ditetapkan. Banyaknya hasil belajar siswa yang tidak tuntas di kelas VIII A SMP Negeri
2 Kotawaringin Lama pada mata pelajaran PAI materi makanan dan minuman yang halal dan
haram harus dipecahkan. Melalui metode deskriptif dengan model PTK, diketahui bahwa alternatif
pemecahannya adalah dengan menerapkan model teams games tournament (TGT). Setelah melalui
dua tindakan siklus dan setiap siklusnya menempuh tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan evaluasi, menunjukkan hasil bahwa penerapan model pembelajaran TGT telah menjadi
pemantik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI. Dari 15 siswa yang
menjadi subjek penelitian menunjukkan hasil, yaitu tahap pra Siklus, 11 siswa (73%) tidak tuntas
dan 4 siswa (27%) tuntas mencapai KKM 75 dengan nilai rata-rata 66.66, tahap Siklus I, 6 siswa
(40%) tidak tuntas dan 9 siswa (60%) tuntas mencapai KKM 75 dengan nilai rata-rata73.33, dan
pada tahap siklus II, 2 siswa (13%) tidak tuntas dan 13 siswa (87%) tuntas mencapai KKM 75
dengan nilai rata-rata 81.66.
Kata Kunci : Model TGT, Hasil Belajar, PAI
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MUTHOLA'AH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.