PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 8 PASANGKAYU
Keywords:
Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar Bahasa InggrisAbstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar bahasa Inggris pada siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan belajar serta apakah ada pengaruh positif layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bambalamotu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 bambalamotu sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan belajar serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bambalamotu.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bambalamotu yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar bahasa Inggris. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskripsi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik statistic yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikansi 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bambalamotu sebelum diberikan layanan bimbingan belajar yaitu 4% siswa yang memiliki motivasi belajar Bahasa Inggris sangat tinggi, 8% siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris tinggi, 24% siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris sedang, 44% siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris rendah dan 20% siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris sangat rendah. Sesudah diberikan layanan bimbingan belajar yaitu 12% siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris sangat tinggi, 28% siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris tinggi, 40% siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris sedang, 16% siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris rendah dan 4% siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Inggris sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis deskripsi, motivasi belajar bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan sebesar 12,36%, sedangkan pada uji statistic inferensial diperoleh nilai t hitung > t tabel (8,61 > 1,71), maka Ho yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bambalamotu ditolak. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada pengaruh positif layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bambalamotu.