UPAYA GURU DALAM MENANGGULANGI PERILAKU MALAS BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 02 BAMBALAMOTU

Authors

  • Nasrah SMP Negeri 2 Satap Bambalamotu, Pasangkayu, Sulawesi Barat

Keywords:

Upaya Guru, Prilaku Malas Belajar

Abstract

Kemalasan merupakan suatu sikap yang menjadi musuh terbesar peserta didik untuk meraih cita-cita. Rasa malas dalam belajar akan membuat siswa bermasalah dan sulit untuk meraih prestasi. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku malas dalam belajar pada peserta didik di SMP Negeri 02 Bambalamotu, diantaranya tidak ada kemauan dari dalam diri sendiri untuk giat dalam belajar, baik di rumah maupun di sekolah, factor pergaulan dengan teman, kurang mendapat perhatian khusus dari guru dan orang tua, tidak mendapat metode pengajaran yang sesuai kebutuhan, kurang mendapat motivasi atau dorongan belajar dari luar, pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi jarang dilakukan dan sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib kurang tegas serta pengawasan yang dilakukan untuk mengontrol aktivitas belajar peserta didik belum intensif. Melihat hal ini, dibutuhkan guru yang profesional untuk dapat menanggulangi terjadinya perilaku malas peserta didik. Sebab, guru merupakan elemen penting di dalam menjalankan aktivitas pengajaran dan orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik. Beberapa upaya harus dilakukan oleh guru untuk membuat siswa terus aktif dan tidak menjadi malas dalam belajar. 

Upaya yang dilakukan guru SMP Negeri 02 Bambalamotu untuk membuat peserta didik tetap aktif dan tidak menunjukkan perilaku malas dalam belajar adalah menerapkan metode pengajaran yang bervariasi sesuai kebutuhan peserta didik, memberikan motivasi belajar kepada peserta didik, memberikan hadiah atau penghargaan untuk meningkatkan minat belajar siswa, memberikan sanksi kepada siswa yang cenderung malas dalam belajar, mengidentifikasi masalah yang terjadi kepada siswa yang malas dalam belajar dan mengawasi perkembangan belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-21

Issue

Section

Articles