PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SD NEGERI PETUNGGU PASANGKAYU

Authors

  • Safaruddin SD Negeri 2 Pasangkayu, Pasangkayu, Sulawesi Barat

Keywords:

Model diskusi, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penggunaan model dan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang aktif, tidak hanya terfokus pada aktivitas guru, tetapi juga pada aktivitas siswa. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dan mampu menerapkan model dan metode yang sesuai dengan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru melalui penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pendidikan Agama islam kelas V SDN Petunggu? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa melalui penerapan metode diskusidalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pendidikan Agama islam kelas V SDN Petunggu? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada materi pendidikan Agama islam kelas V SDN Petunggu?.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif.Data dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 56,52% berada pada (katagori Kurang), dan mengalami sedikit peningkatan pada siklus II sebesar 67,04% (katagori cukup ), pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 92,04 %( Kategori baik sekali)(2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 54,76% berada pada (katagori kurang), dan meningkat pada siklus II sebesar 64,28% masih di (katagori kurang ), dan hasil presentasi kegiatan siswa pada siklus III adalah 90,47 % dalam kategori ( Baik Sekali) (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 59,58%  masih di (katagori kurang), dan meningkat pada siklus II sebesar 69,16% (katagori cukup ) dan pada siklus III meningkat menjadi 85,83% ( kategori baik sekali) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode Diskusidalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam pada kelas 1 SD Negeri Petunggu sudah tercapai.

Downloads

Published

2024-02-21

Issue

Section

Articles