PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAMBALAMOTU
Keywords:
Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Metode simulasiAbstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui penerapan metode pembelajarn simulasi siswa SMPN 1 Bambalamotu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana penerapan metode pembelajaran simulasi dalam pelajaran Pendidikan Agma Islam siswa SMPN 1 Bambalamotu Kab. Pasangkayu, 2). Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa SMPN 1 Bambalamotu Kab. Pasangkayu, 3). Bagaimana peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam melalui penerapan metode pembelajaran simulasi siswa SMPN 1 Bambalamotu Kab. Pasangkayu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tiga kali pertemuan dan satu kali evaluasi. Prosdur penelitian meliputi perencanaan,pelaksanaan observsi dan evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 30 jumlah siswa 24 orang yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM), secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh 80,00, atau berada pada kategori tinggi. Dimana pada siklus II dari 30 jumlah siswa terdapat 4 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata 90,00 atau berada dalam kategori yang tinggi. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Metode Penerapan Pembelajaran Simulasi Siwa SMPN 1 Bambalamotu.