EFEKTIVITAS PEMBERIAN HUKUMAN MENGHAFALKAN SURAH-SURAH PENDEK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TUVA KECAMATAN GUMBASA KABUPATEN SIGI

Authors

  • Muh. Rimal Jaya Rizal Hamzah SMP Negeri 2 Bambalamotu, Pasangkayu, Sulawesi Barat

Keywords:

Hukuman dalam belajar Surah pendek al-Quran, Kedisiplinan Siswa Madrasah

Abstract

Penelitian  ini berkenaan dengan Efektivitas Pemberian Hukuman DalamMeningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Tuva, maka uraian dalam tulisan ini berangkat dari permasalahan 1). Bagaimana pelaksanaan pemberian hukuman menghafalkan surah-surah pendek dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Tuva?, 2). Bagaimana efektivitas hukuman menghafalkan surah-surah pendek dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Tuva? Menjawab masalah tersebut Penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara interview), dan dokumentasi. Teknik anaslisis data yang Penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). pelaksanaan hukuman menghafalkan urah-surah pendek di Madrasah Aliyah Tuva diberikan kepada peserta didik yang melanggar peraturan, namun pemberian hukuman hukuman diberikan ecara bertahap yaitu pemberian teguran dan nasehat, sanksi administrasi dan sanksi edukasi.2). Efektivitas hukuman menghafalkan surah-surah pendek, peserta didik merasa malu dan jera sehingga dapat merubah prilakunya menjadi disiplin dalam belajar, disiplin dalam mengerjakan tugas, disiplin menaati peraturan dan disiplin tepat waktu datang ke Madrasah. 3). Kendala pemberian hukuman menghafalkan surah-surah pendek, Tidak semua peserta didik yang dihukum dapat mengafalkannya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, kurangnya dukungan dan kerja sama orang tua. 4). Adapun solusi memberikan keringanan kepada peserta didik yang telah dihukum, yang secara ignifikan telah menunjukkan perilaku disiplin, bekerja sama dengan wali murid atau orang tua peserta didik dengan cara berdialog secara terbuka kepada wali peserta didik yang anaknya telah melanggar dengan cara terus mensosialisasikan manfaat dari pemberlakuan hukuman menghafalkan surah-surah pendek. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan kontribusi yang mendalam terhadap perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan bagi pendidik pada khususnya serta khazanah ilmu pendidikan agama Islam melalui pemberian hukuman menghafalkan surah-surah pendek dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-21

Issue

Section

Articles