PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 BAMBALAMOTU
Keywords:
Mind-mapping, Hasil belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Rendahnya hasil belajar PAI yang diperoleh siswa kelas VIIIC merupakan latar belakang penelitian ini yang dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas ujian tengah semester pada semester ganjil 2019/2020 yaitu 65,25 dimana dari 25 siswa hanya 15 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode Mind Mapping sebagai alternatif pemecahan masalah hasil belajar tersebut. Tujuan penerapan metode Mind Mapping adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Bambalamotu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakasanakan sebanyak 2 siklus, baik siklus I maupun siklus II mengikuti tahapan-tahapan berupa perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting).Hasil penelitian melalui penerapan metode Mind Mapping pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VIIIC SMP Negeri 2 Bambalamotu dengan data hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 76,00 dengan kriteria ketuntasan klasikal 72% kemudian mengalami peningkatan di siklus II menjadi 82,80 dengan kriteria ketuntasan klasikal 100%.Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa Penerapan metodeMind Mappingdapat meningkatkan hasil belajar PAIsiswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Bambalamotu.