STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENGAJARAN BERBASIS AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Pendekatan Berbasis Aktivitas, Pendidikan Agama IslamAbstract
Strategi pembelajaran dengan Pendekatan Pengajaran Berbasis Aktivitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada IX SMP Negeri 3.Marisa Tahun Pelajaran 2022/2023 Terwujudnya kondisi pembelajaran siswa aktif merupakan harapan dari semua komponen pendidikan termasuk masyarakat dan praktisi pendidikan. Oleh sebab itu dalam kegiatan pembelajaran dituntut suatu strategi pembelajaran yang direncanakan oleh guru dengan mengedepankan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, maka penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : Pendekatan berbasis aktivitas lebih efektif dalam menumbuhkan motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas IX SMP Negeri 3. Marisa Tahun Pelajaran 2022/2023.
Berdasarkan data pengamatan dan obeservasi peneliti selama kegiatan penelitian tindakan, dapat diperoleh data aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar siswa bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan belajar dengan pendekatan berbasis aktivitas menunjukkan ada peningkatan dibandingkan dengan strategi yang digunakan oleh guru sebelumnya. Hal ini dapat dilihat data yang didapatkan oleh peneliti dan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, menunjukkan perubahan yang signifikan