PENINGKATAN KREATIFITAS GURU MELALUI BIMBINGAN TEKNIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Amrin Bulonggong SMK Negeri 2 Gorontalo Utara, Gorontalo

Keywords:

Kreatifitas Guru, Bimbingan Teknis, Media Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena penulis melihat kenyataan yang ada di lapangan bahwa Guru dalam melaksanakan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi saja tanpa menggunakan berbagai media pembelajaran yang di tuntut dalam pengembangan dan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Tidak adanya kretifitas dari Guru dalam pembelajaran dapat di lihat pada saat kegiatan pembelajaran di mana minat belajar siswa sangat kurang sehingga berpengaruh pada  hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini mengupayakan agar Guru di satuan pendidikan harus dan lebih  kreatif dan mengetahui sejauhmana penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dapat meningkatkan kemampuan Guru dalam dan apakah dapat meningkatkan keberhasilan siswa. Proses penelitian  tindakan sekolah ini dilaksanakan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung minimal pada awal semester tahun pelajaran. Populasi penelitian ini adalah Mata Pelajaran PAI dan seluruh siswa kelas X (sepuluh) dan Kelas XI (sebelas) Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan,  Tahun Pelajaran 2019/2020. Dalam Penelitian Sekolah ini, di amati dan di nilai  mulai dari Pra PTS, siklus I dan siklus II yang cukup menunjukkan peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan dan manfaat dalam meningkatkan kreatifitas Guru  dan Minat belajar serta hasil belajar anak didik (siswa) pada proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Gorontalo Utara.

Downloads

Published

2024-02-24

Issue

Section

Articles