MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMAHAMI TATA CARA PUASA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 4 LUWUK
Keywords:
Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran PAI, Materi PuasaAbstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam dalam pemahaman konsep sehingga penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achevement Devision) dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi memahami tata cara puasa siswa kelas VIII A berjumlah 33 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 18 perempuan. Sebagai sumber data dalam penelitian adalah guru dan siswa yang diperoleh dengan menggunakan pedoman observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan daya serap siswa sebesar 8,12% dari presentase daya serap awal dengan rincian dua kali siklus yaitu siklus I sebesar 69,94% dan siklus II sebesar 90,91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi memahami tata cara puasa pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Luwuk.