IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI MATERI HUKUM BACAAN TAJWID DENGAN BANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI KELAS VII G SMP NEGERI 2 PALU

Authors

  • Susilawati SMP Negeri 2 Palu, Sulawesi Tengah

Keywords:

Model Pembelajaran TPS, Motivasi Belajar, Multimedia interaktif, Pembelajaran PAI, Bacaan Tajwid

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, peningkatan motivasi belajar siswa setelah dilakukan tindakan model pembelajaran Think Pair Share dengan bantuan multimedia interaktif.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research clasroom), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran  Think Pair Share dengan bantuan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran materi al Qur’an: Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim Mati dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan terjadi peningkatan motivasi pada siklus 2, dan 3, dimana pada siklus 1 motivasi belajar siswa berada pada presentasi 43,75% sedangkan pada siklus ke-2 meningkat dengan presentase 67,85 peningkatan yang sangat signifikan terjadi pada siklus ke 3 dengan hasil presentase 91,52%.

Downloads

Published

2024-02-25

Issue

Section

Articles