PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PEMBELAJARAN PAI, MATERI KETENTUAN MAKANAN YANG HALAL DAN HARAM DI KELAS VIII SMPN 1 PALU
Keywords:
Aktivitas Pembelajaran, Problem Based Learning, Pembelajaran PAI, Hukum IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Aktivitas pembelajaran melalui penerapan Problem Based Learning pada materi Ketentuan Makanan yang Halal dan Haram Berdasarkan Al-Qur’an-Hadis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan dalam penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di Kelas VIII F SMPN 1 Palu Tahun Pelajaran 201/2018. Instrumen penelitian adalah lembar tes dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa, pada Siklus I adalah 14 atau 67% dengan kriteria Cukup, dan pada siklus II aktivitas belajar ini naik dengan rata-rata skor 17 atau 81%, dengan kriteria Baik. Sedangkan untuk aktivitas guru pada Siklus I rata–rata skor pengamatan adalah 26 atau 72%, dengan kriteria Cukup dan di Siklus II rata-rata skor pengamatan aktivitas guru ini naik menjadi 32 atau 89%, dengan kriteria Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar pada pokok bahasan hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Saran yang berkaitan dengan penelitian adalah guru PAI di SMP Negeri 1 Palu hendaknya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan menerapkan suatu model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan pokok bahasan yang akan disampaikan.