PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP NEGERI 1 PENEBEL
Keywords:
Direct instruction, Kemampuan Membaca Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan agar siswa lebih aktif dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan model direct instruction pada siswa Agama Islam Kelas VII SMP Negeri I Penebel Tahun 2021. Keaktifan yang diharapkan adalah supaya siswa lebih mencintai kitab sucinya dan bisa membaca lebih lancar. Dalam penelitian ini guru sekaligus bertindak selaku pelaksana pembelajaran dan peneliti sebagai pengamat. Dengan metode atau model direct instruction, yang diteliti adalah siswa kelas VII Agama Islam SMP Negeri 1 Penebel dan menjadi objek penelitian ini keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I presentase keaktifan siswa mencapai 65% (sedang). Sementara itu pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 75 % (tinggi). Dengan demikian, penggunaan model direct instruction pada pelajaran Agama Islam terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Negeri 1 Penebel.