PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KOMIK KARAKTER SISWA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Rugaiyah SMP Negeri 2 Negara, Jembrana, Bali

Keywords:

Model Problem Based Learning, Komik Karakter Siswa, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) meningkatkan prestasi belajar siswa dan (2) meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model problem based learning berbantuan komik karakter siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan materi sujud syukur, sahwi, dan tilawah. Penelitian dilaksanakan di kelas VII C SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dengan melibatkan 12 orang siswa. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes dan motivasi siswa dikumpulkan dengan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terjadi peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar siswa (siklus I: X = 80,33 dan siklus II: X = 86,33) dengan kategori baik dan sangat baik, (2) terjadi peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa (siklus I: X=35,75 dan siklus II: X =44,17) dengan kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan penerapan model problem based learning berbantuan komik karakter siswa dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam di kelas VII C SMP Negeri 2 Negara tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles