UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGHINDARI MINUMAN KERAS, JUDI, DAN PERTENGKARAN MELALUI METODE TANYA JAWAB

Authors

  • Romeli SMP Laboratorium Undiksha Singaraja, Singaraja, Bali

Keywords:

Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: mengetahui apakah hasil belajar siswa pada pelajaran menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran melalui metode tanya jawab. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha yang berjumlah 8 orang. Objeknya meliputi hasil belajar siswa pada pelajaran PAI dengan menggunakan metode pembelajaran tanya jawab pada pelajaran mengetahui apakah hasil belajar siswa pada pelajaran menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran melalui metode tanya jawab. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes sedangkan dalam mengolah data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus I perolehan skor rata-ratanya sebesar 60 termasuk kategori cukup, daya serap siswa 60% dan ketuntasan klasikal 50% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85 yang termasuk kategori baik, daya serap siswa 85%, ketuntasan klasikal sebesar 100% dan mengalami peningkatan sebesar 25%.

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles