IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Khazin SMP Nasional Denpasar, Denpasar, Bali

Keywords:

Metode Brainstorming, Media Audio Visual, Semangat Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada upaya untuk mencari solusi atas permasalahan hasil belajar yang menurun dan menawarkan kilas balik atas metode belajar yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan proses penerapan metode brainstorming berbantuan media audio visual untuk meningkatkan semangat belajar siswa PAI Kelas IX SMP Nasional Denpasar Tahun Pelajaran 2022-2023. (2) Untuk mengetahui hasil penerapan metode Brainstorming berbantuan media audio visual untuk meningkatkan semangat belajar siswa PAI Kelas IX SMP Nasional Denpasar Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan sistem siklus, dengan tahapan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh berdasarkan hasil pengamatan (observasi) dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode Brainstorming berbantuan media audio visual dapat meningkatkan semangat belajar siswa PAI Kelas IX SMP Nasional Denpasar Tahun Pelajaran 2022-2023. Hal ini ditandai dari beberapa aspek yaitu: (1) Timbulnya semangat mengerjakan tugas kelompok; (2) Gagasan kreatif bermunculan ketika sesi tanya jawab di buka oleh moderator; (3) Materi PAI bisa tersampaikan dengan baik.

Downloads

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles