MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE HIRA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 AMLAPURA
Keywords:
Kemampuan, Motivasi, Membaca Al-Qur’an, Metode Al-HiraAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Al-Hira meningkatkan kemampuan dan motivasi membaca al-Qur’an dengan benar, sesuai dengan kaidah makhraj dan tajwid pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penilitian Tindakan Kelas, yaitu sebuah metode penelitian yang dilaksanakan oleh seorang guru di dalam kelas pada dengan subjek penelitiannya siswanya sendiri. PTK dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).
Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian dalam bidang pendidikan, yang bersifat refleksi dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitan pembelajaran secara profesional. Hasil penelitian memnunjukkan dari hasil pretes atau tes pra tindakan memperlihatkan data antara lain skor rata-rata kelas siklus I yaitu 64,375 dengan prosentase ketuntasan dalam kelas yaitu 31,25 %, dengan demikian masih terdapat sekitar 68,75 % peserta didik yang harus dapat pengaruh yang intensif dari metode Al-Hira, pada siklus II skor rata-rata 70,625 dengan prosentase ketuntasan dari keseluruhan menjadi 81,25% atau dari jumlah 16 peserta didik masih ada 3 peserta didik yang dikategorikan belum mencapai standar kemampuan baca Al-Qur’an.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Al-Hira pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura mengalami peningkatan.