UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PELAJARAN BERSUCI DARI HADATS SISWA KELAS VII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Authors

  • Romeli SMP Laboratorium Undiksha Singaraja, Singaraja, Bali

Keywords:

Hasil belajar siswa, Pembelajaran langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat melalui metode pembelajaran langsung pada pelajaran bersuci dari hadats.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII dari SMP Laboratorium Undiksha.Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu tes, lembar observasi, skenario mengajar, dan kamera.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui metode pembelajaran langsung.Nilai rata-rata siswa pada pre-test yaitu 59.5.Setelah diterapkannya metode pembelajaran langsung, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 68 pada siklus 1.Meskipun terdapat peningkatan pada siklus 1 tetapi hasil tersebut belum mencapai KKM PAI, sehingga dilanjutkan ke siklus 2 Nilai-rata-rata siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu 74 dengan presentase pencapaian siswa yaitu 89.47 %.Implikasi dari penelitian ini sangat penting terutama bagi guru PAIuntuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam situasi pandemi.

Downloads

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles