IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 GIANYAR

Authors

  • Muhammad Hairum SMP Negeri 3 Gianyar, Gianyar, Bali

Keywords:

Metode Tutor Sebaya, Prestasi Siswa

Abstract

Pemecahan rendahnya partisipasi siswa adalah dengan penerapan metode tutor sebaya. Setelah diterapkan metode tutor sebaya pastisipasi siswa di SMPN 3 Gianyar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam meningkat. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator, dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Tingkat partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang, atau rendah, sedangkan keberhasilan tutor sebaya dinyatakan dengan berhasil, kurang berhasil, atau tidak berhasil.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran tinggi, karena telah mencapai kreteria yang ditetapkan, yakni 100% siswa terlibat aktif, 2) Frekuensi siswa yang bertanya tinggi, karena telah melampaui dari kreteria yang ditetapkan, yakni 80%, sedangkan kreteria 75%, 3), Siswa yang mampu mengajukan pendapat tinggi, karena melampaui kreteria yang ditetapkan yaitu 80%, sedang kreteria 75%, 4) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dan mampu memenuhi kreteria, yakni 80%, sedangkan kreteria 80%, dan 5) Kinerja kelompok tinggi, dapat memenuhi kreteria yakni, 100%, karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Dengan demikian implementasi metode tutor sebaya berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 3 Gianyar

Downloads

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles