UPAYA MENINGKATKAN PENERAPAN BACA TULIS QUR'AN (BTQ) MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN
Keywords:
Baca tulis Alquran (BTQ), Tutorial sebayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar upaya yang telah dilakukan guru meningkatkan penerapan Baca Tulis Qur’an (BTQ) tentang “hukum bacaan Al-Syamsiyah dan AL-Qamariyah” melalui pembelajaran tutor sebaya. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas, yang diberikan kepada 34 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kuta Selatan.
Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi siswa, pedoman wawancara guru, dan evaluasi hasil belajar PAI dari setiap siklus I, II, dan III, serta pengambilan dokumentasi profil sekolah, dan foto kegiatan belajar ketika mengikuti model pembelajaran tutor sebaya ini. Dalam kegiatan pembelajaran dengan tutor sebaya, peneliti menggunakan tiga siklus untuk kepentingan dalam mendeskripsikan dan menganalisis data penelitian.
Hasil belajar PAI tentang meningkatkan penerapan Baca Tulis Qur’an (BTQ) tentang “hukum bacaan Al-Syamsiyah dan AL-Qamariyah” yang dicapai 34 orang siswa di kelas VII, pada siklus I rata-rata nilai sebesar 70.4; pada siklus II sebesar 77.3 dan pada siklus III rata-rata nilai sebesar 82.5 dengan rincian sebagai berikut: pada siklus I sampai siklus II nilai hasil belajar PAI berturut-turut rata-rata keberhasilan kelulusan yang telah dicapai dari: 38,2%; 76,5%; dan 88,2% sudah sesuai dengan target peneliti, maka dapat disimpulkan, bahwa proses pembelajaran dengan metode tutor sebaya dapat diterapkan oleh guru untuk mencapai tingkat keberhasilan dalam kategori baik.