MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ASMAUL HUSNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE AND MATCH PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Juli Budiharso SMP Negeri 2 Amlapura, Karangasem, Bali

Keywords:

Minat Belajar, Model pembelajaran make and match

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan minat belajar materi tentang Asmaul Husna pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII terdiri dari 15 orang, terdiri dari 8 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari tiga siklus, dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Planing, yaitu membuat scenario pembelajaran dengan model make and match, 2) Acting, yaitu melaksanakan pembelajaran sesuai scenario, 3) Observing, yaitu mengambil data melalui triangulasi sebagai validasi data, 4) Reflecting, yaitu data hasil observasi direfleksikan secara kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang cukup besar pada aspek minat belajar sebagai berikut: 1) Siswa yang memiliki buku bacaan dapat memberoleh nilai maksimal, pada siklus I 60 %, siklus II 80 %, dan siklus III 100 %. 2) Siswa yang antusias belajar mandiri pada siklus I 50 %, siklus II 70 %, dan siklus III 91 %. 3) Siswa yang mau bertanya kepada siswa lain dalam kelompok, pada siklus I 45 %, siklus II 50 %, dan siklus III 77 %. 4) Siswa mau bertanya kepada guru pada siklus I 36 %, siklus II 59 %, dan siklus III 68 %. 5) Siswa yang berlomba-lomba menjawab pertanyaan dalam kartu soal, pada siklus I 23 %, siklus II 50 %, dan siklus III 77 %. 6) Siswa yang dapat menjawab pertanyaan dalam kartu soal, pada siklus I 77 %, siklus II 91 %, dan siklus III 100 %. 7) Siswa yang menjawab dengan benar dalam kartu soal sampai dengan batas waktu habis, pada siklus I 27 %, siklus II 45 %, dan siklus III 75 %. 8) Siswa yang menjawab dengan benar dalam kartu soal sebelum batas waktu habis, pada siklus I 36 %, siklus II 45 %, dan siklus III 75 %.

Downloads

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles