UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR QOLQOLAH DAN RA DENGAN PENEMUAN BERBANTU LEMBAR KEGIATAN SISWA BAGI PESERTA DIDIK

Authors

  • Juli Budiharso SMP Negeri 2 Amlapura, Karangasem, Bali

Keywords:

Hasil Belajar, Penemuan Terbimbing LKS (Lembar Kegiatan Siswa)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penemuan terbimbing berbantu LKS (Lembar Kegiatan Siswa) dapat meningkatkan hasil belajar hukum bacaan qalqalah dan ra. Hal ini dilatarbelakangi bahwa di SMP Negeri 2 Amlapura siswa kelas VIII dalam menerima materi yang disajikan dengan ceramah mereka kurang tertarik, kurang begitu memahami, tidak konsentrasi bahkan cenderung bermain sendiri. untuk itu kami sebagai penulis ingin menerapkan metode penemuan terbimbing berbantu LKS (Lembar Kegiatan Siswa) di dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam materi yang lebih menekankan atau lebih banyak praktek oleh peserta didik. Adapun teknik dan alat pengumpulan data dengan tes tulis.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Amlapura, dengan hasil bahwa hasil belajar pada pra siklus 54,54% (6 siswa), pada siklus I naik menjadi 72,72 % dan siklus II naik menjadi 100 %. Dari hasil analisa tersebut dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II mengalamai peningkatan hasil belajar siswa. Maka dari hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan penemuan terbimbing berbantu LKS (Lembar Kegiatan Siswa) dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang hukum bacaan qalqalah dan ra pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles