UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI AKU SELALU DEKAT DENGAN ALLAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANGLI
Keywords:
Motivasi, Hasil Belajar, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi “Aku Selalu Dekat dengan Allah” yang dilatarbelakangi karena adanya indikasi motivasi dan prestasi belajar siswa rendah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 selama 3 bulan yaitu dari bulan Oktober sampai Desember 2018 dengan dua siklus tindakan. Masing-masing tindakan terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 3 Bangli yang berjumlah 15 siswa, 6 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki.
Hasil penelitian diperoleh bahwa prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari siklus 1 ke siklus 2. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai tes siswa 70,00 dengan taraf ketuntasan klasikal 60% pada siklus 1, sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai tes siswa sebesar 76,33 dengan taraf ketuntasan klasikal 87% . Dari hasil angket diketahui bahwa siswa memberikan respons positif terhadap penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil analisis angket menunjukkan bahwa rata-rata respons siswa pada siklus 1 sebesar 66,00 (53%) kategori Baik, sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 72,50 ( 73%) termasuk kategori Baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Aku Selalu Dekat dengan Allah siswa kelas VII SMPN 3 Bangli.