PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMEN (TGT)
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Team Game Tournamen (TGT)Abstract
Pendidikan merupakan salah satu cara untuk menjadikan peserta didik sebagai manusia seutuhnya serta dapat berpartisipasi aktif dalam perkembangan pembangunan suatu negara. Pembelajaran yang terjadi didalam kelas sebaiknya tidak didominasi oleh guru, sehingga peserta didik tidak lagi sebagai objek belajar tetapi sebagai subjek belajar, salah satu cara yang diterapkan untuk mengaktifkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran adalah dengan metode pembelajaran Team Game Tournamen (TGT), adapun keunggulan metode ini adalah membentuk tanggung jawab individu dan kelompok, karena setiap individu diharuskan untuk mempunyai pendapat sendiri dan secara mandiri mampu menyelesaikan tugasnya, sehingga diharapkan terjadi peningkatan aktivitas belajar dan meningkatkan ketuntasan belajar pada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Prakarya dan Kewiraushaan kelas XI MIA 2 madrasah Aliyah Negeri Model Kota Jambi tahun Pelajaran 2017/2018.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindaka Kelas (Classroom action Reseach), yaitu lebih menekankan pada suatu kajian yang benarbenar dari suatu situasi keadaan yang alamiah di kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berllokasi di MAN Model Jambi kelas XI MIA 2 dengan subjek penelitian 35 orang siswa, yang terdiri dari 12 siswa lakik-laki dan 23 orang siswa perempuan, indikator keberhasilan yang diharapkan adalah rata-rata aktivitas belajar peserta didik meningkat disetiap siklus dan hasil belajar peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai besar dari 75 pada akhir siklus.
Berdasarkan hasil peneliitian, bahwa dalam setiap proses pembelajaran menggunan metode Team Game Tournament (TGT), selalu terjadi peningktan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I peningkatan 11% sebanyak 77% yang mendapat nilai lebih dari 75 (tuntas), siklus II peningkatan sebesar 17% sebanyak 94% yang mendapat nilai lebih dari 75 (tuntas).
Dengan demikian didapat simpulan bahwa metode Team Game Tournament (TGT) dpat meningkatkan hasil belajar siswa kela XI MIA 2 MAN Model Kota Jambi pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Budidaya Tanaman, oleh karena itu dapat disarankan guru hendaknya menggunakan metode ini dalam setiap pembelajarannya.