IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENCIPTAAN MANUSIA
Keywords:
Media Video, Hasil Belajar Siswa, Al- Qur’an HaditsAbstract
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kemudian menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest, serta instrument non tes berupa lembar wawancara, lembar observasi dan catatan lapangan. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI IIK 3 tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 22 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Al- Qur’an Hadits di MAN 2 Kota Jambi dengan menggunakan media Video.
Adapun indikator keberhasilan yang dicapai KKM adalah 76. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran menggunakan Video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari skor pra siklus ke skor siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada pra siklus siswa yang mencapai nilai KKM adalah 64,26 %, pada siklus I siswa yang mencapai nilai KKM adalah 67, 38 % dan untuk siklus II siswa yang mencapai nilai KKM adalah 89,11 %. Maka, penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran AL- Qur’an Hadits dengan materi Penciptaan Manusia.