MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DAN VIDEO ANALYSIS

Authors

  • Sutarjo Paputungan MTs Negeri 1 Kota Gorontalo, Gorontalo

Keywords:

Video Analysis, Hasil Belajar, Efektif dan Efisien

Abstract

Proses belajar mengajar atau disebut juga pembelajaran merupakan realisasi dari konsep-kosep dalam pendidikan. Supaya dapat mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan, sangat  diperlukan adanya suatu sistem lingkungan yang mendukung tercapainya. Sistem lingkungan yang dimaksud salah satunya adalah adanya strategi pembelajaran sebagai salah satu faktor yang diharapkan dapat mendukung tercapainya tujuan belajar itu sendiri, selain faktor-faktor lainnya seperti; ketersediaan media pembelajaran, kesiapan psikologis baik peserta didik maupun guru dan sebagainya.

Model pembelajaran yang saat ini sedang dikembangkan dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia adalah pembelajaran yang berbasis active learning. Di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo Karya Sutarjo Paputungan realisasi pengembangan dari model pembelajaran yang berbasis active learning di antaranya  terlihat dalam kegiatan pembelajaran Fiqih yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan Video Analysis di Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo Tahun 2022 dalam kegiatan belajar mengajarnya. Peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas pada madrasah tersebut dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ketentuan Ibadah Haji Melalui Model Snowball Throwing dan Video Analysis di Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo Tahun 2022”.

Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu bahwa persiapan, pelaksanaan, dan efektifitas peserta didik kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo pada materi ketentuan ibadah haji dapat ditingkatkan dengan menerapkan model snowball throwing dan video analysis, hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklus.

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles