MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Kasmawati SMP Negeri 34 Pekanbaru, Riau

Keywords:

Prestasi Belajar, Model pembelajaran mind mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Peserta Didik Kelas IX Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Iman Pada Hari Akhir Pada SMP Negeri 34 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2020/2021. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas IX semester gasal mata pelajaran PAI materi Iman pada hari akhir melalui model pembelajaran Mind Mapping pada SMP Negeri 34 PekanbaruTahun Pelajaran 2020/2021.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK.) Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Untuk membuktikannya peneliti memakai 2 siklus. Subyek penelitian sebanyak 36 anak. Pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran PAI dengan penerapan model pembelajaran mind mapping dinilai efektif dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Ada beberapa faktor yang mendukung yaitu, peserta didik antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, peserta didik banyak diberi kesempatan untuk mengalami atau melakukan sendiri, serta mengembangkan kemampuan peserta didik untuk berfikir kreatif. Dalam hal ini berarti peserta didik menampakkan kesenangan dan keseriusan mengikuti pelajaran PAI yang sedang berlangsung.

Prestasi belajar PAI peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran mind mapping. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 82,50% dan pada siklus II sebesar 95,00%. Disamping itu, model pembelajaran mind mapping juga mampu meningkatkan aktivitas belajar PAI peserta didik. Pada siklua I prosentase keaktifan peserta didik secara klasikal sebesar 67,50% sedangkan rata-rata siklus II sebesar 81,50%. Hasil dan deskripsi dalam penelian ini bisa digunakan sebagai bahan rujukan bagi guru yang ingin memperbaiki kualitas pembelajaran. Melalui penerapan model pembelajaran mind mapping baik prestasi belajar maupun aktivitas belajar peserta didik dapat meningkat.

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles