MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI

Authors

  • Imam Jawawi SMP Negeri 12 Kota Jambi, Jambi

Keywords:

Diskusi, Belajar, Prestasi

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut siswa lebih aktif dalam menemukan pemahaman tentang ilmu. Metode diskusi merupakan metode yang membuat  siswa lebih aktif karena semua siswa memperoleh kesempatan berbicara atau berdialog satu sama lain untuk bertukar pikiran dan informasi tentang suatu topik atau masalah, atau mencari kemungkinan fakta dan pembuktian yang dapat digunakan bagi pemecahan suatu masalah. Bertitik tolak dari latar belakang di atas maka penulis merumuskan permasalahan, 1).Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar pada materi ibadah Haji dan Umrah di kelas IX.7. 2) Bagaimanakah pengaruh metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Ibadah Haji dan Umrah di kelas IX.7

Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui penerapan metode diskusi pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX.7.2). Mengetahui pengaruh metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IX. 7.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX.7 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Penerapan metode diskusi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (72,22%), siklus II (83,08%), siklus III (88,88%) dengan presentasi keaktifan diskusi 75%, 80% dan 85%. Penerapan Metode diskusi dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Diskusi  dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles