PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ONLINE DENGAN ELEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Durrah MAN 2 Kota Jambi, Jambi

Keywords:

aktivitas belajar menyenangkan, pembelajaran online, E-learning, Covid-19

Abstract

Penulisan Best Practice ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran online dengan Elearning  dan (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran online dengan Elearning pada masa pandemi Covid-19. Subjek penulisan  Best  Practice  ini  adalah  siswa  kelas  X  IIS  1  MAN  2  Kota Jambi. Tahun Pelajaran  2020/2021  yang  berjumlah  30  siswa.  Penulisan  Best  Practice  menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan informasi aktivitas siswa melalui dokumentasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes. Strategi yang digunakan adalah pembelajaran online dengan Elearning melalui lima tahapan operasional yaitu: (1) Guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (2) Guru menyiapkan bahan pembelajaran dan penugasan kemudian mengunggah di Elearning; (3). Siswa mempelajari materi pembelajaran dan mengerjakan serta mengunggah tugas yang diberikan guru dengan media Elearning menggunakan handphone ataupun laptop; (4) Guru melakukan monitoring pelaksanaan proses pembelajaran online; (5) Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran online dan tugas yang telah dikerjakan serta diunggah siswa. Implemantasi pembelajaran online dengan Elearning pada masa pandemic Covid-19 dapat meningkatkan: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Persentase keaktifan siswa dalam pembelajaran tatap muka sebesar 71,39% dengan kategori aktif meningkat menjadi 75,83% dengan kategori amat aktif dalam pembelajaran online dengan Elearning; dan (2) hasil belajar siswa. Rata-rata nilai  hasil belajar siswa pada KD sebelumnya dengan pembelajaran tatap muka adalah 85,16 dengan kategori  baik,  meningkat  sebesar  5,11  menjadi  90,27  dengan  kategori  baik  dalam pembelajaran online menggunakan Elearning pada materi dialog tentang Hoby ( ﺕﺎﻳﺍﻬﻮﺍﻟ).

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles