PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ONLINE DENGAN ELEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
aktivitas belajar menyenangkan, pembelajaran online, E-learning, Covid-19Abstract
Penulisan Best Practice ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran online dengan Elearning dan (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran online dengan Elearning pada masa pandemi Covid-19. Subjek penulisan Best Practice ini adalah siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Kota Jambi. Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 siswa. Penulisan Best Practice menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan informasi aktivitas siswa melalui dokumentasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes. Strategi yang digunakan adalah pembelajaran online dengan Elearning melalui lima tahapan operasional yaitu: (1) Guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (2) Guru menyiapkan bahan pembelajaran dan penugasan kemudian mengunggah di Elearning; (3). Siswa mempelajari materi pembelajaran dan mengerjakan serta mengunggah tugas yang diberikan guru dengan media Elearning menggunakan handphone ataupun laptop; (4) Guru melakukan monitoring pelaksanaan proses pembelajaran online; (5) Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran online dan tugas yang telah dikerjakan serta diunggah siswa. Implemantasi pembelajaran online dengan Elearning pada masa pandemic Covid-19 dapat meningkatkan: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran.
Persentase keaktifan siswa dalam pembelajaran tatap muka sebesar 71,39% dengan kategori aktif meningkat menjadi 75,83% dengan kategori amat aktif dalam pembelajaran online dengan Elearning; dan (2) hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada KD sebelumnya dengan pembelajaran tatap muka adalah 85,16 dengan kategori baik, meningkat sebesar 5,11 menjadi 90,27 dengan kategori baik dalam pembelajaran online menggunakan Elearning pada materi dialog tentang Hoby ( ﺕﺎﻳﺍﻬﻮﺍﻟ).