PERAN GURU PAI MENUMBUHKAN JIWA MODERASI BERAGAMA PADA ANAK USIA DINI BERBASIS KISAH QUR’ANI
Keywords:
Moderasi Beragama, , Anak Usia Dini, Guru, Kisah Qur’aniAbstract
Nilai-nilai moderasi beragama sudah dilaksanakan pada pendidikan anak usia dini namun belum secara tegas dan jelas, Maksudnya belum spesifik mengarah kepada hal tersebut. Oleh karena itu penulis membuat karya tulis ilmiah tentang kisah qur’ani sebagai strategi guru dalam mengajarkan moderasi beragama sebagai wujud penumbuhan jiwa moderasi beragama pada anak usia dini. Metode tulisan ini di buat berdasarkan referensi beberapa buku dan jurnal. Hasil tulisan ini meenunjukkan bahwa penguatan moderasi pada anak meliputi empat aspek moderasi beragama yaitu penanaman komitmen kebangsaan, penguatan toleransi, anti kekerasan serta pengenalan dan pelestarian budaya lokal. Menguatkan moderasi beragama perlu diajarkan pada anak sejak dini agar anak mampu memiliki sifat-sifat moderat dan sebagai pengetahuan anak tentang moderasi beragama.