PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI MEDIA PERMAINAN BAHASA
Keywords:
Pembelajaran Bahasa Arab, media permainan bahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas X melalui media permainan bahasa pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Jambi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 1 berjumlah 24 siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab pada semester ganjil materi Profesi ) ةنهملا( pada ) عامتسلاا( Keterampilan mendengarkan di siklus 1 dan keterampilan membaca ) ةارقلا ) pada siklus II melalui media permainan bahasa al Kursi as Shohih wal Khoto‟)ءاطخلاو حيحصلا يسركلا( , siswa dapat membedakan antar kalimat yang benar dan yang salah. Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan 4 tahapan yaitu (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi (reflection). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, pengamatan dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah a) Tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan ≥ 75% dari jumlah seluruh siswa dengan berpatokan pada nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).., b) Ada perubahan prestasi belajar secara berkelanjutan dari nilai ulangan harian, siklus I dan siklus II., c) Siswa kelas X memenuhi kriteria ketuntasan minimal 75 dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Strategi yang digunakan adalah pembelajaran ini dengan menggunakan tahapan penelitian PTK melalui tahapan operasional yaitu: (1) Guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (2) Guru memberikan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan permainan bahasa al Kursi as Shohih wal Khoto; (3). Guru memberikan evaluasi formatif setelah materi selesai diberikan pada siswa.; (4) Guru melakukan pengamatan pelaksanaan proses pembelajaran; (5) Guru memberikan umpan balik atau refleksi atas pembelajaran dan tugas yang telah dikerjakan siswa.
Hasil Penelitian menunjukkan persentase pra siklus sebelum dilakukan tindakan, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 31,57 % dari keseluruhan jumlah siswa. Sedangkan pada siklus I sebesar 42,1% dan siklus II mencapai 94,75%. dengan kategori baik, meningkat sebesar 5,11 menjadi 90,27 Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media permainan bahasa al Kursiyyu as shahih aw al Khata‟ dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Kota Jambi