UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Zubaidi SMP Negeri 17 Batanghari, Jambi

Keywords:

Model pembelajaran problem based learning, Motivasi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas Kelas VIII.1 SMP Negeri 17 Batanghari . Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar PAI pada siswa kelas VIII.1 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di SMP Negeri 17 Batanghari tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Alat pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar pengamatan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Hasil penelitian ini adalah pada siklus I, motivasi belajar siswa yang tercemin dari aktivitas siswa sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari data yang ada dengan jumlah siswa 36 orang terdapat 27 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran. Sedangkan terdapat 8 orang siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 75,7% siswa yang aktif. Siklus II 32 orang siswa aktif dan 4 orang siswa yang tidak aktif dengan persentase keaktifan siswa pada pembelajaran siklus II mencapai 88,6%. Dengan persentase keaktifan siswa pada pembelajaran siklus II mencapai 94,67%. Hasil motivasi belajar dapat juga dilihat dari hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan pada siklus I dari 36 orang siswa terdapat 28 orang siswa yang sudah tuntas belajar dan 8 orang siswa yang belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan siswa pada aspek pengetahuan mencapai 77,8%. Pada siklus II hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dari jumlah siswa 36 orang siswa, terdapat 33 orang siswa yang sudah tuntas belajar dan 3 orang siswa yang belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada aspek pengetahuan mencapai 91,7 %.

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles