STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DALAM MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI QALQALAH DAN RA
Keywords:
Strategi True or False, Materi Qalqalah dan Ra, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan keberhasilan dari strategi pembelajaran True or False dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII yang pada awalnya memiliki nilai rata-rata yang jauh dari kriteria ketuntasan minimum, serta permasalahan-permasalahan lain yang ditemukan dalam kelas saat pembelajaran seperti kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar selama pembelajaran PAI berlangsung. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan strategip embelajaran True or False dengan alasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode yang peneliti gunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas, Instrumen yang digunakan yaitu lembar obsrvasi dan soal tes tertulis. Dilakukan selama tiga kali siklus, yaitu pra belajar, belajar ke I dan belajar ke II. Tiap belajar memiliki hasil yang berbeda-beda, seperti perubahan pada perilaku dan hasil belajar tiap anak yang cenderung mengalami peningkatan yang siknifikan. Sampai pada siklus terakhir yaitu belajar ke II, pada kelas VIII A SMP Negeri 26 Tanjung Jabung Timur berhasil mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian yang diperoleh dari pra belajar, siswa masih cenderung diam saat pembelajaran dan hanya beberapa siswa yang aktif. Hasil dari tes tertulis yang diperoleh juga masih banyak yang jauh di bawah KKM, yaitu rataratanya masih 59,83 yaitu dari 30 siswa hanya 8 orang yang lulus. Pada siklus I telah diterapkan strategi pembelajaran True or False, siswa mulai belajar dan membiasakan diri dengan alur pembelajaran dengan metode baru, serta mulai aktif dalam pembelajaran. Hasil dari belajar ke I sudah mulai mengalami kenaikan dengan rata-ratanya 74,83 yaitu siswa yang lulus telah mencapai 12 siswa dari 30 siswa keseluruhan. Sehingga masih perlu dilakukan belajar selanjutnya karena belum mencapaia kriteria ketuntasan yang diharapkan. Pada belajar ke II siswa telah terbiasa dan aktif dalam pembelajaran dengan strategi True or False, siswa telah aktif dalam diskusi kelompok yang telah dibentuk. Hasilnya, dari tes tertulis yang dilakukan, rata-rata yang diperoleh yaitu 81,33 dengan siswa yang lulus sebanyak 23 siswa dari keseluruhan siswa yaitu 30 siswa.