MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MIND MAPPING MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Keywords:
Hasil belajar PAI, , metode mind mapping, SKIAbstract
Hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tergolong masih rendah, oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat mengatasai masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI dengan metode mind mapping siswa kelas VIII A SMP Negeri Satu Atap 4 Tanjung Jabung Timur .
Penelitian ini, penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri Satu Atap 4 Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) digunakan sebagai pedoman guru dalam mengajar, lembar observasi untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dengan metode mind mapping, lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode mind mapping, studi dokumentasi untuk memperkuat data yang diperoleh, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII A SMP Negeri Satu Atap 4 Tanjung Jabung Timur. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh pada setiap akhir siklus menunjukan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 26,08% (pra tindakan 34,78%, siklus I 60,86%) dengan nilai rata-rata kelas 74,73. Pada siklus II menglami peningkatan sebesar 30,44% (siklus I 60,86%, siklus II 91,3%) dengan nilai rata-rata kelas 86. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai siklus II dapat diakumulasikan sebesar 56,52%.
Kesimpulan, berdasarkan analisis data, dari hasil penelitian dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian model mind mapping bisa digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Zaman Daulah Abasiyah.