MODEL JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI HIJRAH KE MADINAH

Authors

  • Subaidir SMP Negeri 5 Kota Jambi, Jambi

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw, Melalui model pembelajaran jisaw  ini diharapkan siswa mendapatkan hasil belajar, fokus pada materi selamat datang Nabi kekasihku. 

Model yang dikembangkan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, pada model peneltian tindakan kelas ini berupa perangkat-perangkat dengan satu perangkat terdiri dari empat komponen, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.

Hasil penelitian secara keseluruhan mendapatkan kesimpulan, pada siklus I hasil belajar siswa 19,2% pada hasil belajar siklus II setelah menggunakan model jigsaw mendapatkan hasil 82,2%.

Kesimpulan, berdasarkan analisis data, dari hasil penelitian model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian model pembelajaran jigsaw bisa di manfaatkan sebagai salah satu model pembelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang membanggakan.

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles