UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ASMAUL HUSNA DENGAN METODE BERNYANYI

Authors

  • Siti Masitah SMP Negeri 9 Tanjung Jabung Timur, Jambi

Keywords:

Strategi Bernyanyi, Al-Asmau-al-Husna

Abstract

Dengan strategi bernyanyi diharapkan dapar meningkatkan hasil belajar siswa, dan dengan strategi ini di harapkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tanjung Jabung Timur dapat menghafal 4  al-Asmaul al-Husna dengan bernyanyi.

Penelitian ini adalah jenis penilian kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi dari sumber data. Analisis data dimulai saat penulis mengumpulkan data, dengan cara pengorganisasian, pemecahan, sintesis, menentukan pola, memilah data yang penting dan tidak dengan mengacu pada kontribusi pada upaya menjawab fokus penelitian pembelajaran asmaul husna sambil beryanyi di sekolah. 

Dengan menggunakan strategi “Bernyanyi” yaitu strategi pembelajaran yang menggunakan tiga tahapan proses yaitu membuat lagu, berkelompok dan menyanyikan dari hasil pada siklus 1 dengan hasil80,7%, dan pada siklus II mendapatkan hasil 88,5%.

Kesimpulan, berdasarkan hasil penelitian dengan strategi bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan demikian strategi bernyanyi dapat digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tanjung Jabung Timur.

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles