PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA MATERI MAKANAN MINUMAN YANG HALAL DAN HARAM
Abstract
Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode team quiz, Melalui metode team quiz ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang terdapat pada materi makanan minuman yang halal dan haram mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP.
Model yang dikembangkan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, pada model peneltian tindakan kelas ini berupa perangkat perangkat dengan satu perangkat terdiri dari empat komponen, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Hasil penelitian pada pra siklus dari 30 siswa yang tuntas 3(10%) tidak tuntas 27 (90%), dan siklus I mulai mengguankan metide team quiz dengan kondisi hasil belajar siswa tuntas 13(43,33%) tidak tuntas 17(56,67%) dan pada hasil siklus II mendapatkan hasil yang tuntas 25 (83,33%) yang tidak tuntas 5 (16,67%)
Kesimpulan, berdasarkan analisis data, dari hasil penelitian metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian metode team quiz dapat dimanfaatkan sebagai salah satu metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi makanan minuman yang halal dan haram di SMP Negeri Satu Atap 2 Tanjung Jabung Timur.