UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DISKUSI
Keywords:
Prestasi Belajar, Metode DiskusiAbstract
Siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar akan berhasil, jika dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif. Untuk mendukung kegiatan belajar yang aktif guru dalam menyampaikan materi pelajaran menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Adapun ciri-ciri keaktifan siswa antara lain : Berani mengungkapkan pendapat, Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, Mampu menghargai pendapat orang lain. Salah satu upaya peneliti untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu metode yang memberdayakan siswa salah satunya adalah melalui metode diskusi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu yang memfokuskan kelas sebagai bahan penelitian. Pada penelitian ini diupayakan tindakan praktis yang berupa penanggulangan masalah belajar siswa dan kesulitan mengajar guru. Proses tindakan ini dilaksanakan dalam bentuk pengkajian baru yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan pengamatan.
Dengan penerapan metode diskusi proses belajar mengajar di SMP Negeri 12 Kota Jambi menunjukkan peningkatan hal ini dapat dilihat dari keaktifan dan prestasi belajar PAI yang dicapai oleh siswa setelah guru melakukan serangkaian pembelajaran dan tahap tahap tes formatif. Penerapan Metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan belajar PAI siswa kelas 7.1 di SMP Negeri 12 Kota Jambi. Pada siklus I mencapai skor rata-rata 11,70 meningkat pada siklus II menjadi 12,44 dan pada siklus III menjadi 14,01. Sedangkan penerapan Metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Kota Jambi. Pra siklus 58,03, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 62,32, meningkat pada siklus II menjadi 66,42 dan pada siklus III menjadi 72,14.