METODE DEMONTRASI DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN WUDU SISWA
Keywords:
Metode Demontrasi, Kecakapan WuduAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan wudu siswa dengan menggunakan metode demontrasi, Melalui metode demontrasi ini diharapkan dapat meningkatkan kecakapan wudu siswa yang terdapat pada materi semua bersih, hidup jadi nyaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII SMP.
Model yang dikembangkan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, pada model peneltian tindakan kelas ini berupa perangkat perangkat dengan satu perangkat terdiri dari empat komponen, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Hasil penelitian pada siklus I dengan kondisi kecakapan wudu siswa 77,1%, dan pada hasil siklus II setelah menggunakan metode demontrasi mendapatkan hasil 98,2%.
Kesimpulan, berdasarkan analisis data, dari hasil penelitian metode demontrasi dapat meningkatkan kecakapan wudu siswa. Dengan demikian metode demontrasi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi semua bersih, hidup jadi nyaman di SMP Negeri 5 Kota Jambi