KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Keywords:
Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Prestasi SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat dan pengaruh kelancaran membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 44 Tebo. Hal ini penulis lakukan karena rendahnya kemampuan membaca al-Qur’an siswa. Penulis ingin melakukan pengamatan, apakah ini berpengaruh juga terhadap kemampuan kognitif siswa yaitu nilai rapornya atau tidak. Mengingat tata cara dalam membaca al-Qur’an membutuhkan kemampuan juga dalam memahami hukum-hukum bacaannya (tajwid). Dari latar belakang tersebut, penulis merasa penting adanya penelitian di sekolah tersebut. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana penulis akan mengambil sampel data kemampuan siswa kelas VII dalam praktek membaca Al-Qur’an dengan data prestasi siswa di semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021.
Hasil penelitian dari 26 siswa yang jadi sampel, 18 siswa dinilai mampu menyelesaikan permasalahan kognitifnya atau pembelajaran yang bersifat teoritis dilihat dari nilai kognitif yang sama atau lebih tinggi dari nilai praktek membaca al-Qur’an. Dan sebagian kecil siswa masih belum mampu menyelesaikan permasalahan kognitifnya atau pembelajaran yang bersifat teoritis dilihat dari 8 siswa yang nilai kognitifnya lebih rendah dari nilai praktek membaca al-Qur’an.